Cara Memulai Bisnis Online Berdasarkan Hobi, Kemampuan dan Keterampilan

SeoBisnis.Com - Penghasilan dari internet tidak hanya terpaku daris satu sumber saja. Seperti halnya pasar yang maha luas, internet menyediakan berbagai kemungkinan sumber penghasilan baik yang halal maupun yang haram. Baik secara jujur maupun secara menipu. Tapi saya tentu saja akan mengulas cara memulai bisnis online yang halal-halal saja. Anda bisa menghasilkan uang dengan bermodal hobi, kemampuan maupun keterampilan.

Kenapa berdasarkan hobi? Karena hobi itu menyenangkan. Jadi kerja sesuai hobi akan terasa ringan meskipun sebenarnya berat. Berdasarkan kemampuan, karena memang perlu kemampuan dasar untuk mencari uang di internet. Selain itu keterampilan akan sangat penting untuk menunjang keberhasilan Anda. Jika digabungkan ketiganya akan menghasilkan kombinasi senjata ampuh mengeruk uang dari internet.

Peluang Apa Saja Yang Bisa Diperoleh Di Internet?

Banyak sekali peluang di internet. Namun untuk yang bermodal hobi, biasanya tidak jauh dari jual beli. Baik jual jasa, maupun berjualan barang.

Peluang bisnis online berdasarkan hobi misalnya yang suka dandan akhirnya ingin memasarkan pernak-pernik dandan. Mulai dari make up, pakaian, jilbab, sepatu, dan lain sebagainya.

Untuk yang bermodal kemampuan dan keterampilan biasanya seputar jasa. Seperti jasa penulisan artikel, jasa desain logo, desain kaos, hingga desain halaman website perusahaan. Tak cukup pintar koding saja, tapi untuk membuat website perusahaan biasanya pembuat website akan membutuhkan jasa dari ahli desain grafis.

Keterampilan berjualan juga berguna untuk mendulang uang di Internet. Anda bisa memilih berdagang ala Reseller, Dropship, atau menjual produk sendiri.

Langkah Memulai Bisnis Online

Punya hobi, punya kemampuan tertentu ataupun keterampilan. Mulailah mengatur langkah untuk memulai bisnis online Anda. Tetapi jalani dulu prosesnya dan jangan terlalu berharap hasilnya dahulu. Langkah yang bisa ditempuh antara lain:

1. Mencari Job Freelance di Marketplace

Beragam pekerjaan menanti untuk Anda ambil. Dari sekedar menulis artikel, membantu membuatkan buku, mengisikan data, membuat desain kaos, logo atau lainnya. Beberapa tempat mencari proyek secara online dan pekerja lepas adalah Sribulancer.com, Project.co.id dan lainnya. Untuk bekerja pada orang luar negeri bisa terjun di 99desain, freelancer.com ataupun dribble.com. 

2. Mempromosikan Jasa dan Barang Lewat Media Sosial

Cara ini sudah banyak yang melakukan. Akun-akun Facebook yang isinya hanya pajangan foto dagangan. Namun sobat perlu belajar trik dan langkah-langkah promosi yang lebih “sopan” dan tepat sasaran. Sehingga Anda tak akan kehilangan teman di FB gara-gara linimasa punya Anda hanya berisi dagangan dan promosi.

3. Buat Yang Suka Menulis, Belajarlah Menulis Artikel 

Nah, hobi menulis juga bisa menghasilkan uang dengan cepat dari Internet. Namun Anda perlu mengerti cara menulis artikel yang baik, enak dibaca, dan sesuai permintaan para blogger. Tingkatkan kemampuan menulis Sobat lalu mulailah menawarkan jasa penulisan artikel.

4. Ngeblog dan Merintis Penghasilan Lewat Adsense

Cara ini paling umum dilakukan. Selain mencari hasil dari iklan Adsense dan sejenisnya, menjadi blogger juga berfungsi untuk melatih kemampuan menulis. Bagi yang punya layanan jasa, maka blog bisa menjadi bagian dari portofolio yang merupakan dokumentasi dan arsip hasil kerja Anda. 
Bagi yang ahli desain, dengan memiliki blog, Anda bisa mengarsipkan hasil kerja, agar nanti calon pengguna jasa menjadi semakin tertarik.

Itulah 4 langkah dasar memulai bisni online dengan berbekal hobi, kemampuan dan keterampilan. Yang paling dasar, hindari cara berpikir ingin cepat kaya. Apapun harus kerja keras. Jangan termakan promosi bisnis online yang menjanjikan cepat kaya, karena rata-rata adalah penipuan.

Cara Memulai Bisnis Online Berdasarkan Hobi, Kemampuan dan Keterampilan Cara Memulai Bisnis Online Berdasarkan Hobi, Kemampuan dan Keterampilan Reviewed by Unknown on 7:16:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.