11 Aneka Olahan Pisang yang Cocok Dijadikan Peluang Usaha Menguntungkan

11 Aneka Olahan Pisang yang Cocok Dijadikan Peluang Usaha Menguntungkan - Pisang banyak menjadi makanan penutup setelah makan ataupun makanan pembuka sebelum makan. Namun banyak juga pisang dijadikan olahan untuk cemilan. 
 
Mulai dari pisang goreng nugget, pisang goreng tanduk, hingga pisang goreng krispi
 
Ada banyak makanan olahan pisang yang bisa dijadikan peluang usaha yang bisa Anda geluti atau jadikan bisnis yang menguntungkan. Maklum saja, pisang merupakan buah favorit yang mudah ditemukan di Indonesia, karena pisang bukan buah musiman seperti mangga atau durian.

Rasa pisang yang manis bikin buah ini disukai oleh banyak orang. Tapi, kalau makan polosan gitu aja mungkin membosankan, maka dari itu bermunculan makanan berbahan dasar pisang yang unik. Ditambah lagi pisang juga merupakan salah satu makanan untuk orang sakit karena mudah dicerna lewat tekstur pisang yang lembut.

Anak Presiden Jokowi, Kaesang saja terjun ke bisnis pisang. Ia memiliki usaha nugget pisang Sang Pisang yang telah memiliki puluhan cabang di seluruh Indonesia. Buat Anda yang berminat untuk terjun ke usaha olahan pisang, berikut ini pilihannya yang unik dan sedang trend saat ini.

Aneka Olahan Pisang Untuk Usaha

Pisang termasuk buah yang kaya akan gizi, seperti serat, vitamin, dan antioksidan. Karena kandungannya tersebut, pisang cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Biar gak bosan cara makannya, muncul beragam olahan pisang yang bisa meningkatkan minat masyarakat untuk memakan pisang. Berikut ini contoh-contohnya makanan berbahan dasar pisang yang menarik untuk dijadikan peluang usaha


1. Aneka olahan pisang goreng 


Semua daerah pasti telah akrab dengan makanan pisang goreng. Rasanya yang manis dan sensasi kriuk pisang goreng bikin semua orang ketagihan. Pisang goreng bisa menjadi kudapan yang pas untuk dinikmati bersama dengan kopi dan teh hangat.

Cara membuatnya gampang, tinggal pilih pisang yang sudah matang, kemudian balurkan dengan tepung, celupkan ke minyak goreng panas. Tunggu sampai warnanya kuning keemasan, pisang goreng siap untuk dihidangkan.

Untuk menambah variasi rasa, bisa juga dicocol dengan meses, keju, gula, coklat atau selai buah-buahan.


2. Olahan Pisang Coklat atau Piscok


Pisang coklat atau piscok juga jadi kudapan yang lagi trend saat ini. Di pinggir jalan Anda bisa menemukan dengan mudah pedagang piscok mangkal.Piscok sejatinya adalah pisang, yang dibungkus oleh kulit lumpia, namun di dalamnya diisi dengan coklat. Coklatnya bisa menggunakan meses, atau coklat batangan, tergantung selera.

Cara membuat pisang coklat kulit lumpiah terbilang mudah, tinggal potong pisang kecil-kecil, kemudian lumurkan dengan meses atau selai coklat, lalu bungkus dengan kulit lumpia. Setelah bungkusan rapi, celupkan di minyak goreng panas sampai warnanya kecoklatan.

3. Nugget Pisang Gepok


Sama seperti pisang goreng, bedanya kalau olahan pisang nugget, menggunakan campuran tepung terigu dan tepung roti. Karena campuran dua tepung itu, tekstur luar dari pisang nugget sedikit kasar namun renyah untuk dimakan.

Sementara untuk pisang yang digunakan lebih umum pisang kepok.


Ciri khas pisang nugget terlihat dari pilihan toppingnya yang beragam, ada yang menggunakan coklat, keju, matcha, dan masih banyak lagi. Pokoknya kalau dijual laris manis deh pasti.

4. Bolu Pisang Kukus


Bolu merupakan kue yang terkenal di Indonesia. Bahkan hampir di setiap daerah Anda dapat menjumpai beragam kue bolu dengan kekhasannya sendiri-sendiri. Contohnya seperti bolu talas dari Bogor yang sudah terkenal enaknya.

Alternatif lain juga ada bolu pisang yang mulai ngetrend.  Resep bolu pisang banana cake sebenarnya gak ada bedanya dengan bolu lainnya, cuma di adonan tepungnya ditambahkan dengan pisang.

5. Pisang Coklat Keju


Makanan yang satu ini bisa Anda jumpai dengan mudah di pinggir jalan, khususnya di tenda roti bakar. Menu pisang coklat keju sangat pas bila disantap di malam hari dan disuguhkan bersama dengan teh hangat atau kopi.

Resep pisang coklat keju mudah banget, tinggal kukus pipihkan pisang yang sudah matang, lalu kukus hingga empuk, taburkan topping, susu, coklat meses, dan juga keju.

6. Sale Pisang


Belum jelas makanan sale pisang ini berasal dari daerah mana, tapi olahan pisang yang satu ini terkenal banget seantero Indonesia. Di Jawa, Sumatera, sampai Kalimantan ada saja yang menjualnya sebagai salah satu panganan oleh-oleh.

Sale pisang memiliki dua macam, ada yang kering dan ada yang basah. Kalau yang kering, cara membuatnya dengan cara diiris tipis-tipis dan digoreng bersama dengan tepung. Sementara yang basah, prosesnya cuma dikukus saja.


7. Es Pisang Coklat

Es pisang coklat memang gak terlalu ngetrend, tapi cocok untuk dijadikan peluang usaha. Makanan olahan pisang yang satu ini beda dari yang lainnya, karena justru dinikmati selagi dingin.

Resep es pisang coklat terbilang sangat mudah, cukup celupkan pisang ke dalam coklat masak, lalu taruh di freezer sampai membeku.


Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa menaburkannya dengan coklat meses warna-warni.

8. Bola-Bola Pisang


Makanan olahan pisang yang unik berikutnya adalah bola bola pisang. Biasanya, bola pisang memiliki isian seperti coklat atau keju di dalamnya, pas dinikmati selagi hangat.

Meski bentuknya bulat, cara membuatnya mudah kok, cukup kukus pisang yang sudah matang kurang lebih selama 20 menit, lalu dihaluskan. Campurkan pisang tersebut dengan tepung dan gula sesuai selera, lalu bentuk menjadi bulat-bulatan sempurna.


Supaya lebih nikmat, di dalamnya diisi dengan pilihan rasa coklat atau keju. Sudah, tinggal digoreng di minyak panas sampai warnanya kecoklatan.

9. Es Pisang Ijo


Es pisang ijo adalah makanan khas dari Makassar, Sulawesi Selatan. Bahan dasarnya tetap pisang, tetapi dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Disantapnya dengan bubur sumsum dan juga es batu.

Di atasnya bisa ditaburkan dengan keju, dan susu cair sesuai dengan selera.


Es pisang ijo cocok banget buat usaha, apalagi sekarang sudah ada franchisenya. Anda cukup membayar uang kemitraan, bahan-bahan dan alat dagangan sudah disediakan.

10. Pisang Geprek


Bukan cuma ayam, pisang ternyata juga bisa digeprek lho! Meskipun dilihat dari cara pembuatannya gak ada bedanya dengan pisang goreng, tapi bentuknya pisang ini lebih tipis atau gepeng, karena setelah digoreng pisang langsung dipipihkan.


Untuk lebih meningkatkan selera, pisang ini diberi topping seperti susu coklat, coklat meses, sampai keju.

11. Keripik Pisang

Keripik pisang bisa Anda temui dengan mudah di sebagian besar wilayah Jawa. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah bikin Anda gak berhenti ngunyahnya. Variasinya pun kini sudah banyak, ada yang rasa coklat, green tea, sampai rasa bbq pedas.

Itulah 11 aneka makanan dari olahan pisang yang bisa Anda jadikan usaha. Karena pisang termasuk salah satu kudapan ringan, Anda gak perlu membuka usahanya di ruko-ruko besar, pakai kios kecil atau warung tendaan juga bisa tetap laris manis kok, asalkan, kualitas rasanya terjamin dan terjaga.









11 Aneka Olahan Pisang yang Cocok Dijadikan Peluang Usaha Menguntungkan 11 Aneka Olahan Pisang yang Cocok Dijadikan Peluang Usaha Menguntungkan Reviewed by Andi Leangle on 11:11:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.