Bisnis Kafe Gaul

Bisnis Kafe Gaul - Bisnis di bidang makanan dan minuman selalu menjanjikan dan ada banyak ragamnya.Salah satunya buat anak muda yang suka berkumpul dan nongkrong di kafe agar gensi terlihat lebih gede.Namun bukan itu saja tapi lebih kepada mengisi perut, pertemuan bisnis, atau hanya tempat untuk ngobrol.

Usaha kafe ini akan sangat menarik jika anda tahu pasar dan selera anak muda misalnya dalam menghias ruangan kafe serta fasilitas pelengkap yang tersedia  misalnya hotspot untuk menarik minat anak muda zaman sekarang yang tidak bisa lepas dengan handpone dan butuh akses internet gratis.

1. Persiapan Usaha

Sebelum anda memulai usaha kafe gaul tentunya anda harus memperhatikan dan mempersiapkan bisnis ini untuk terjun dalam bisnis ini.
  • Lokasi atau tempat.Sobat seobisnis harus tahu dan tepat mencari tempat yang strategis sehingga ramai dengan pengunjung.
  •  Promosi dalam memperkenalkan kafe gaul anda.Lakukan promosi menarik pada saat pembukaan kafe agar ada orag yang tahu tempat kafe anda.
  • Persiapan sumber daya manusia.Pastinya anda tidak bisa menjalankan bisnis ini sendirian dan mengelolanya sehingga anda butuh karyawan atau minimal teman yang mempunyai banyak waktu luang untuk bergabung.Anda bisa juga merekrut anak muda yang putus sekolah untuk membantu hitung-hitung anda juga bisa beramal.
  • Persiapkan waktu anda karena usaha ini butuh waktu yang banyak.Namun jika usaha anda sudah mulai berkembang dapat anda delegasikan pada orang yang anda percaya jika anda mempunyai kesibukan lain.
  • Persiapkan modal anda.Modal ini cukup penting utuk awal usaha dan perkembangan usaha anda.Anda tidak perlu terburu-buru mendapatkan untung yang besar jika kamu tidak punya modal besar,pelan tapi pasti.Anda bisa bekerjasama dengan teman yang punya kelebihan dalam hal finansial.
2. Hambatan

Ketika dalam menjalankan usaha selalu ada beberapa hambatan yang mungkin akan ditemui diantaranya sebagai berikut :
  • Makanan yang bisa basi atau hanya bisa bertahan hanya dalam sehari bisa membuat anda rugi.Buat perkiraan pengeluaran realistis pada awal memulai bisnis yang lama-lama nanti juga anda akan paham dan mengerti dan porsi untuk pembutan dalam sehari.Hal ini berguna untuk mengantisipasi kerugian yang mungkin akan timbul. 
  • Saingan yang banyak karena sekarang kafe-kafe sudah banyak berdiri terutama di daerah ramai yang tempatnya juga saling berdekatan.Persaingan adalah hal yang wajar dalam dunia bisnis.Oleh karena itu buat kafe anda semenarik mungkin dan berbeda dengan kafe lainnya.Walaupun masih ada kafe yang sama anda bisa memberikan service yang memuaskan pelanggan dan desain interior yang disukai oleh pelanggan.
3. Strategi Bisnis

Dalam mengembangkan usaha anda harus dituntut untuk selalu berkreasi dan berinovasi agar bisnis anda akan terus maju.Berikut strategi bisnis yang bisa anda ikuti :
  • Lakukan promosi melalui pamflet, brosur da banner.karena jenis promosi ini sangat berguna untuk menyebarkan informasi dalam waktu yang cepat.mulut ke mulut juga tergolong efektif dalam membangun jaringan bisnis.Karena setiap individu di indonesia senang bersosialisasi dan ngerumpi.Promosi lewat SMS,Blackberry, internet, facebook dengan menggunakan teknologi  juga sekarang sangat efektif.
  • Lokasi dan lokasi yang selalu bisa mendatangkan keuntungan tersendiri sehingga anda harus jeli dalam memilih lokasi untuk usaha anda.
  • Bersikap ramah dan good service kepada setiap pengunjung menjadi nilai plus.
  • Buat suasana kafe menjadi nyaman bagi pengunjung.
  • Ciptakan nama menu-menu unik yang membuat konsumen tertarik untuk mencobanya.Miliki menu spesial yang menjadi ciri khas kafe anda sehingga pengunjung akan datang kembali ke kafe anda.
  • Buat harga dan menu yang tercantum jelas dan terjangkau.
4. Perkiraan Analisis Bisnis

Modal Awal

Peralatan :

Meja dan Kursi  -------------------------------------------------------- Rp 5.000.000
Peralatan Masak  ------------------------------------------------------- Rp 3.000.000
Jumlah                                                                                          Rp 8.000.000 

Peralatan akan mengalami penyusutan asumsikan selama tiga tahun dan memiliki nilai residu sebesar Rp. 1.500.000 dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus.Biaya penyusutan per tahun

(8.000.000 - 1.500.000)/3 tahun = 2.166.667/tahun ~ 180.555/bulan anggap 186.000

Renovasi Tempat  -------------------------------------------------------- Rp 15.000.000
Lain-Lain               ------------------------------------------------------- Rp   1.000.000
Jumlah modal aw                                                                          Rp 24.000.000 

Perkiraan laba/rugi per bulan
Asumsi pendapatan Rp 10.000/hari
30 hari x 50 orang x 10.000                                                            Rp 15.000.000

Biaya-Biaya
Penyusutan peralatan       ----------------------------------------------- Rp      186.000





Sewa tempat                     ----------------------------------------------- Rp      800.000
Gaji pegawai dua orang   ----------------------------------------------- Rp   2.000.000
Bahan masakan               -----------------------------------------------  Rp   7.000.000
Listrik dan telepon           ----------------------------------------------- Rp      300.000
Dekorasi dan lain-lain      ----------------------------------------------- Rp   1.000.000
Jumlah                                                                                            Rp 11.286.000

Laba Bersih Rp 15.000.000 - Rp 11.286.000 = Rp 3.714.000  

Perkiraan Modal Kembali

 Rp 24.000.000 / 3.714.000 = 6,46 Bulan atau 6,5 Bulan



Demikianlah estimasi dalam memulai usaha cafe gaul secara lengkap dan terperinci kalaupun berbeda harganya di setiap daerah bisa anda sesuaikan dan ganti angkanya sesuai harga di daerah anda.
Bisnis Kafe Gaul Bisnis Kafe Gaul Reviewed by Unknown on 7:24:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.