CRM, Strategi Cerdas Perusahaan Merancang Strategi Bisnis

 

CRM, Strategi Cerdas Perusahaan Merancang Strategi Bisnis

Sekarang ini pelaku bisnis sedang sibuk mempersiapkan strategi terbaiknya jika resesi benar-benar datang. Bukan tanpa alasan kenapa, pelaku bisnis begitu concern dalam penyikapi kondisi resesi ekonomi mendatang.  Namun bagi pelaku bisnis yang paham, kondisi   itu bukan jadi satu momok yang menakutkan, kenapa……………………….  

Bisnis adalah ibarat kita seperti roda yang berputar kadang kita diatas kadang dibawah. Seperti kita berjalan di jalan tol, kadang kita mendahului, kadang kita di dahului. Kadang kita berada di sisi yang sama dengan kendaraan lain atau kadang kita perlu strategi yang matang agar kita bisa tetap berjalan di track yang sudah benar. Terkait dengan bagaimana caranya sebuah perusahaan berjalan di track yang benar, maka salah satu tools yang bisa jadi andalan adalah apa yang di sebut CRM.  

Apa Itu CRM

Secara deskripsi bisnis, kita bisa mengatakan bahwa   CRM ( Customer Relationship Management) adalah sebuah tools yang biasa digunakan oleh pelaku bisnis.  Dimana ketika ini dari semua jenis industri dari skala kecil, menengah dan besar sudah mengimplementasikan CRM dalam bisnisnya. Namun yang membedakan adalah, seperti apa konsep CRM yang di jalankan dan sejauh mana dampak positif yang di dapat perusahaan dari  implementasi tersebut.  

Karena ketika kita bicara soal tools, ada beberapa hal yang mesti kita pahami agar tools  yang kita pilih benar-benar berfungsi dengan baik : 

  1. Pilihlah tools yang memang benar-benar berguna dan di butuhkan oleh perusahaan
  2. Pilih tools  yang bersifat dinamis, artinya tools  tersebut sifatnya dinamis dan fleksible bukan tools yang bersifat kaku.
  3. Pilihlah tools  yang mampu membuat kinerja perusahaan meningkat bukan tools yang hanya menjadi media administratif semata.  

Dari apa yang  telah dipaparkan diatas, kita pada akhirnya menjadi jelas seperti apa konsep dari sistem CRM sebagai sebuah  tools yang sangat berguna untuk perusahaan.  Setidaknya kita bisa tahu ada 6 step atau 6 langkah yang bisa dilakukan perusahaan untuk membuat agar CRM yang kita implementasikan benar-benar bermanfaat.  

Langkah Perusahaan Agar CRM Bermanfaat

  1. Tentukan strategi bisnis dimasa depan sebagai dasar menentukan implementasi CRM di sebuah perusahaan. Artinya apa,  bahwa dengan pelaku bisnis bisa menentukan strategi bisnisnya kedepan,  Maka akan lebih mudah menentukan   target-target yang mesti di capai dengan menggunakan CRM.
  2. Jadikan CRM sebagai salah satu strategi jitu dalam meningkatkan performance businessnya.  Kenapa hal itu harus dilakukan, karena jangan salah CRM  itu bukan semata alat untuk  mempermudah kerja team sales sata. Tetapi alat ini bisa digunakan untuk membantu tugas semua divisi yang ada di perusahaan.
  3. Integrasi sistem dan prosedur perusahaan dengan model CRM Yang ada sebaiknya menjadi dasar bagi implementasi CRM.  Karena jika hal itu belum terintegrasi dengan  baik mustahil CRM  bisa menjadi alat untuk meningkatkan kualitas  performance dari SDM yang ada.
  4. Data dan akumulasi data menjadi salah satu kunci bagi CRM untuk mengefektifkan program program bisnis yang akan di jalankan. Semakin banyak data yang bisa kita kelola dengan menggunakan CRM semakin besar potensi perusahaan untuk bisa mendapatkan profit dari CRM tersebut.  Terlebih saat ini ketika pandemi covid 19 sedang berlangsung maka database customer menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan pendapatan dari sisi customer.
  5. Akan lebih baik pula, jika dalam kondisi kondisi tertentu perusahaan merencanakan rellease artikel atau content yang akan bisa meningkatkan nilai promosi bagi perusahaan.  Bukan karena apa, saat ini di masa pandemi covid19, dimana kita pelaku bisnis lebih banyak menggunakan media internet, maka content menjadi salah satu alat bantu untuk bisa memaksimalkan penjualan bagi perusahaan.  Bisa saja content marketing yang dijalankan tidak hanya sekedar konsep soft selling  tetapi mungkin saja hard selling sehingga konsep artikel yang mesti dioperasikan   harus benar-benar sesuai dengan  apa yang ingin di capai perusahaan.
  6. Jangan salah dalam memilih software CRM yang akan digunakan.  Ketika kita salah dalam menerapkan CRM maka sudah pasti akan terjadi banyak komentar yang di tujukan kepada pengguna. Dan jika itu terjadi maka efektivitas CRM tidak akan tercapai.  

Satu hal yang mesti menjadi perhatian para pelaku bisnis. Bahwa CRM sekarang ini bukan sebuah  tools yang ekslusive tetapi CRM adalah sebuah strategi bisnis. Karena CRM bisa melakukan analisa, prediksi dan monitoring terhadap aktivitas yang di jalankan  oleh SDM yang bersangkutan.   CRM Barantum contohnya sebagai salah satu CRM lokal yang concern dalam melakukan inovasi terkait penggunaan produknya.  Ini memberik

CRM, Strategi Cerdas Perusahaan Merancang Strategi Bisnis CRM, Strategi Cerdas Perusahaan Merancang Strategi Bisnis Reviewed by Andi Leangle on 1:42:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.