5 Tips Ampuh Meningkatkan Omzet Warung dan Toko


Dalam menggeluti sebuah bisnis bisa jadi sesuatu yang gampang-gampang susah, khususnya untuk meningkatkan omzet penjualan agar terus naik.

Jika Anda menjalankan usaha rumahan seperti warung, toko, atau bahkan berjualan sembako, tentunya keseimbangan harga dan kualitas adalah ukuran terbaik untuk menjaga konsumen bisa kembali berbelanja di tempat Anda.

Apapun usaha rumahan yang Anda geluti, untuk menjamin bertahannya proses usaha bahkan bisa berkembang ke tahap selanjutnya harus ada strategi menaikkan omzet.

Bagaimana Cara Menaikkan Omzet Usaha?

Omzet usaha adalah pendapatan menyeluruh dari aktivitas jual-beli yang dilakukan. Di tengah kompetisi usaha, ada banyak pengaruh yang bisa berdampak ke omzet usaha Anda.

Nah, pada artikel ini Anda diharapkan bisa mendapat inspirasi dan tips untuk menaikkan omzet, mulai dari melihat peluang pasar, sampai peningkatan kualitas produk yang Anda jual.

1. Ketahui kebutuhan pembeli

Tips pertama untuk menaikkan omzet penjualan usaha Anda adalah untuk mengetahui kebutuhan pembeli, secara spesifik untuk melihat peluang yang sedang terbuka di pasar.

Satu contoh jika Anda mempunyai warung atau toko, perhatikan peluang apakah orang di sekitarmu membutuhkan produk lain yang belum ada di warung lain, sayur-mayur misalnya.

Kamu bisa mencoba untuk periode tertentu dan mengetahui apakah berjualan sayur bisa berhasil atau tidak. Untuk mencobanya, kamu bisa bermitra di Chilibeli sebagai salah satu cara.

2. Tingkatkan pelayanan

Ketika pembeli berbelanja di warung atau toko, banyak yang beranggapan bahwa aktivitas transaksi jual-beli terjadi begitu saja; uang diserahkan, lalu produk diberikan.

Namun, idealnya pelayanan jual-beli ini bisa Anda tingkatkan dengan memperbaiki mulai dari hal kecil; seperti melayani dengan ramah-tamah, membuat daftar produk yang apik, menjaga stok produk agar selalu tersedia, menambah variasi produk agar menarik pembeli baru, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, Anda juga bisa memberikan pelayanan pengiriman barang belanjaan dan memodernisasi proses belanja dengan WhatsApp ataupun media sosial, sehingga mereka yang awalnya sekadar pembeli bisa jadi pelanggan Anda.

3. Cari penyuplai dengan harga terbaik

Faktor harga adalah penentu paling dasar yang bisa menarik pembeli untuk kembali berbelanja di kesempatan berikutnya. Untuk bisa memberikan harga produk terbaik, tentunya kamu butuh rekan penyuplai produk yang berani menawarkan harga termurah di pasaran.

Untuk menemukan rekanan penyuplai ini kamu membutuhkan sedikit riset yang sesungguhnya bisa kamu lakukan via internet. Jika tertarik, platform social-commerce seperti Chilibeli juga bisa memenuhi kebutuhan bahan baku usaha maupun produk kemasan yang kamu butuhkan, lho.

4. Pertimbangkan membuat program loyalitas

Berkaitan dengan poin meningkatkan pelayanan, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat program loyalitas yang bisa Anda bentuk dari grup WhatsApp atau media sosial yang dibicarakan sebelumnya.

Program loyalitas ini tujuannya untuk menjaga pelanggan terus berbelanja di warung atau toko Anda. Anda bisa merancang  dan memberikan program diskon sederhana atau bonus produk yang simpel tapi banyak dicari orang, seperti deterjen, kopi, dan lain sebagainya.

Anda bisa mengikuti artikel 10 contoh customer loyalty program (CMR) dan loyalty program yang inovatif yang mungkin meningkatkan omzet warung dan toko Anda. Namun sebelumnya Anda harus tahu dulu apa itu CRM?

Kemudian, pastikan kamu mengirimkan pengingat secara teratur ke para pelanggan untuk memberi pesan urgensi dan diskon periode terbatas, sehingga pelanggan akan berbelanja terus.

5. Membuat paket belanja hemat

Semua orang suka hal-hal yang ringkas, simpel. Dalam hal menaikkan omzet, Anda bisa membuat bundle atau paket-paket produk yang dikemas berdasarkan tema belanja hemat.

Misalnya, paket belanja mencuci akhir pekan yang terdiri dari deterjen, sikat, dan pelembut pakaian. Terapkan harga yang terjangkau, kalau bisa dikemas dengan apik agar berkesan ke pelanggan.


usaha online tanpa modal

Nah, semoga 5 tips menaikkan omzet dagangan warung atau toko kelontong di atas bisa membantu Anda. Jangan lupa, tips di atas akan lebih optimal dilakukan jika Anda lakukan secara konsisten.

Untuk kemudahan membeli bahan baku yang bebas ongkir, Anda dapat mempertimbangkan untuk bermitra di Chilibeli yang menawarkan produk rumah tangga dan sembako dengan harga lebih murah dari rata-rata harga pasar, lho.

5 Tips Ampuh Meningkatkan Omzet Warung dan Toko 5 Tips Ampuh Meningkatkan Omzet Warung dan Toko Reviewed by Andi Leangle on 4:56:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.