Penyebab Gangguan Pada Genset

Penyebab Gangguan Pada Genset -Genset merupakan alat pengganti daya listrik, yang bisa digunakan pada saat listrik mati. Genset sewaktu-waktu bisa mengalami beberapa gangguan, yang bisa dikarenakan beberapa hal.

Penyebab Gangguan Pada Genset

Beberapa gangguan yang bisa terjadi pada genset Anda:

-        Mesin tidak bisa menyala, pada kejadian ini biasanya mesin tidak menyala dikarenakan baterai lemah atau mati. Atau bisa juga terjadi karena putusnya kawat listrik yang menjadi penyebab dari timbulnya masalah. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut bisa terjadi, sambunglah kawat-kawat pada genset yang rusak atau terputus hingga menyatu lagi seperti biasa.

-        Mesin tiba-tiba mati saat di start up, pada saat keadaan seperti ini disebabkan karena tersumbatnya tangki bahan bakar. Untuk mencegah hal tersebut Anda bisa membuang air yang ada dalam tangki bahan bakar serta membersihkan lubang ventilasi tangki bahan bakar. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan pada genset.

-        Gangguan pada isolasi, gangguan ini bisa disebabkan dari terjadinya beberapa kerusakan pada pendingin generator atau tegangan yang berlebihan. Tegangan yang berlebihan ini bisa disebabkan karena putaran mesin yang tidak stabil. Jika putaran mesin pada genset tidak berfungsi dengan normal dapat diketahui dari suara yang ditimbulkan oleh genset, Jika suara yang dikeluarkan naik-turun, maka dapat dipastikan genset sedang mengalami putaran mesin yang tidak stabil. Ada juga gangguan pada isolasi lainnya seperti kerusakan pada sistem ventilasi yang disebabkan oleh panas yang berlebihan pada kumparan.

-        Gangguan pada arus listrik yang keluar, gangguan ini terjadi pada saat beban berlebih pada arus yang menyebabkan munculnya beberapa masalah pada generator. Karena pada dasarnya sistem generator dibuat untuk mampu bertahan atas arus yang jumlahnya berlebih, namun sangat tidak dianjurkan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Biasanya pada arus listrik juga terdapat masalah lain yakni tidak keluarnya tegangan. Pada saat keadaan ini terjadi hal pertama yang harus anda perhatikan yaitu apakah breaker sudah dinaikkan atau belum, jika breaker sudah dinaikkan namun tegangan tetap belum keluar, ada kemungkinan bahwa kabel power dalam keadaan terhubung langsung sebelum genset dinyalakan. Biasanya dalam kenyataan yang sering terjadi belakangan ini adalah karena kabel dalam kondisi yang tidak baik.

Untuk mencegah hal-hal di atas, ada baiknya anda selalu memperhatikan genset walau sedang tidak digunakan.Untuk mengetahui rental genset selalu kunjungi Sewatama untuk kelanjutan informasinya.

 

Penyebab Gangguan Pada Genset Penyebab Gangguan Pada Genset Reviewed by Andi Leangle on 3:15:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.