Ini 17 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian

Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian
Ini 17 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian - Di era digital seperti sekarang ini, membangun startup atau perusahaan rintisan bisa menjadi mimpi sebagian besar anak muda di Tanah Air. Apalagi jika banyak dimana perusahaan rintisan yang sukses mendapatkan gelar Unicorn beberapa tahun belakangan. Tetapi kita tidak bisa terpaku pada hal tersebut, sebab ada kesempatan ide bisnis anak muda lain yang bisa Anda coba lho!

Harus diakui juga pada masa pandemi COVID-19 dan setelahnya nanti, pamor startup akan sedikit meredup karena banyak perusahaan investasi yang menarik uangnya di pasaran. Selain karena virus corona, aktivitas bakar-bakar duit yang identik dengan startup juga menjadi alasannya.

17 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian

Nah melihat kelebihan dan kekurangannya tersebut, Anda bisa mencoba salah satu dari 15 ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian yang lebih menjanjikan dari perusahaan rintisan. Penasaran apa aja? Yuk langsung aja lihat daftar lengkapnya berikut ini:

1. Bisnis minuman boba

Bisnis anak muda kekinian yang pertama adalah minuman boba atau juga dikenal dengan Brown Sugar Milk. Kepopuleran minuman yang satu ini memang sangat melejit di Tanah Air. Bahkan dalam waktu kurang dari 3 tahun aja udah ada puluhan hingga ratusan kedai minuman di Jakarta.

Bagi penikmat minuman manis, menu yang satu ini sudah pasti bikin ketagihan karena tekstur bobanya yang unik dan tentunya lezat.

Melihat potensi tersebut Anda bisa membuat bisnis minuman boba. Entah membuka merek dagang sendiri atau memilih membuka franchise. Modal yang perlu Anda siapkan bervariasi mulai dari Rp4 jutaan hingga Rp20 jutaan.

2. Bisnis kedai kopi

Selanjutnya ada usaha yang gak kalah pamor dengan boba yakni kedai kopi kekinian. Meningkatnya jumlah penikmat kopi di Indonesia membuat bisnis yang satu ini sangat potensial mendatangkan cuan.

Sebut aja seperti kopi Kenangan, Janji Jiwa dan TUKU yang sudah dikenal di Tanah Air.

Untuk membuka bisnis ini Anda bisa menyiapkan modal sekitar Rp5 jutaan hingga Rp18 jutaan. Tertarik untuk membukanya?

3. Bisnis cemilan kemasan

Usaha ketiga adalah cemilan kemasan nih. Di Instagram pasti Anda sering melihat postingan tentang food blogger yang tengah asyik mencicipi berbagai cemilan ringan.

Ada banyak macam cemilan yang bisa kamu coba dagangkan seperti basreng, keripik lidi sampai keripik singkong pedas.

Selain skill memasak yang baik, kamu juga perlu menyiapkan modal awal sekitar Rp3 jutaan sampai Rp10 juta untuk membuka bisnis tersebut.

4. Bisnis makaroni gurih

Pasta yang berasal dari Italia ini ternyata gak hanya cocok dijadikan menu utama di meja makan. Namun juga cocok dijadikan cemilan sambil nonton Netflix atau sekedar mengganjal rasa lapar.

Kegemaran masyarakat Indonesia dengan makaroni gurih dan pedas bisa menjadi awal langkah Anda mendirikan bisnis yang satu ini. Dan yang gak boleh kelupaan tentunya modal yang berkisar di angka Rp1 jutaan hingga Rp10 jutaan.

5. Bisnis kuliner

Walaupun udah terdengar klasik, tapi membuka ide bisnis anak muda di bidang kuliner masih sangat relevan dengan keinginan pasar saat ini. Itu bisa terlihat dari semakin banyaknya jenis-jenis restoran dari kelas bintang lima hingga pinggir jalan.

Supaya lebih untung lagi, Anda juga wajib memasarkan usaha kuliner tersebut di Gofood dan Grabfood agar makin banyak orang yang memesannya.Contohnya Keju Mozarella yang ngehits di Malang.

Dalam membuka bisnis kuliner, uang yang perlu disiapkan sangat bervariasi tergantung skala bisnisnya. Namun  nominalnya berkisar dari Rp 5 jutaan hingga Rp 75 jutaan.

6. Bisnis dropshipper

Nomor enam ada ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian yakni dropshipper. Usaha ini cocok banget dijalanin sama Anda yang memiliki modal terbatas karena hanya membutuhkan jempol untuk memasarkan sebuah produk di media sosial.

Terdapat banyak varian produk yang bisa dipasarkan yakni baju, celana, jaket hingga sepatu nih. Kalau followers Anda udah banyak, dijamin cuan yang baka didapatkan bakal lumayan banyak deh!

7. Bisnis distro

Selanjutnya adalah bisnis distro atau pakaian. Usaha ini emang banyak digeluti anak muda zaman sekarang karena bisa menyalurkan hobi dan passion yang dimiliki. Contohnya jika Anda suka dengan kartun anime, bisa membuat desain baju dengan logo atau tokoh kartun tertentu.

Namun untuk membuka bisnis distro Anda perlu mempersiapkan modal yang lumayan banyak sekitar Rp 5 jutaan hingga Rp 50 jutaan untuk membeli peralatan sablon dan sewa tempat. Belum lagi membayar karyawan setiap bulannya.

8. Bisnis kerajinan tangan

Keuntungan bisnis kerajinan tangan jika dilakukan saat sekarang ini adalah mampu memberdayakan masyarakat sekitar untuk memproduksi barang yang Anda jual. Tentunya ini akan jadi nilai plus tersendiri buat diri Anda selain mendapatkan keuntungan dalam berdagang.

Anda bisa mendapatkan ide dari kerajinan tangan barang-barang bekas yang udah gak terpakai seperti botol minuman dan juga koran bekas untuk menekan angka produksi.

Sedikitnya, Anda bisa menyisihkan uang sekitar Rp 3 jutaan hingga Rp 15 jutaan untuk merintis bisnis yang satu ini.

9. Bisnis cuci sepatu

Jika menengok 10 tahun yang lalu, bisnis mencuci sepatu mungkin masih jarang kita temukan di kota-kota besar. Tapi sekarang, seiring semakin banyaknya penggemar sepatu senakers di Indonesia membuat bisnis cuci sepatu sangat menjanjikan untuk dicoba.

Peralatan dan perlengkapan dalam membuat usaha bisnis seperti saat ini juga sudah banyak diperjual belikan di toko online dengan harga relatif murah. Oleh karena itu, modal yang diperlukan untuk membuka bisnis cuci sepatu berkisar di angka Rp2 jutaan sampai Rp10 jutaan aja.

10. Bisnis laundry

Ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian kesepuluh adalah membuka bisnis laundry atau binatu. Usaha ini bisa Anda buka di daerah yang banyak dihuni oleh mahasiswa atau pekerja perantau seperti kost-kostan.

Dalam mendirikan usaha laundry, lokasi menjadi salah satu faktor yang vital untuk diperhatikan. Lalu kalau ngomongin soal modal, nominalnya mencapai Rp15 jutaan.

11. Bisnis fotografi

Punya hobi fotografi? Sebaiknya hal tersebut Anda gunakan sebagai ladang mencari uang dengan menjadikannya sebuah bisnis. Untuk merintisnya, Anda bisa memajang hasil karya Anda di Instagram supaya banyak orang yang melihatnya.

Lalu nanti jika sudah besar dan banyak peminatnya, gak menutup kemungkinan Anda mempunyai studio foto sendiri yang kece. Modal awalnya cukup kamera digital biasa, DSLR atau Mirrorless.

12. Bisnis financial influencer

Ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian selanjutnya adalah menjadi seorang financial influencer. Kesadaran anak muda zaman sekarang tentang dunia keuangan pribadi menjadi modal utama kamu merintis usaha ini.

Anda bisa memperkenalkan diri terlebih dahulu di media sosial sehingga dikenal banyak orang. Lalu membuka bisnis selanjutnya yang juga berhubungan dengan dunia finansial.

13. Bisnis desain grafis

Harus diakui, gak setiap orang memiliki kemampuan gambar dan desain grafis yang bagus. Buat para lulusan Desain Komunikasi Visual, Anda bisa membuka bisnis ini dari rumah lho!

Modal utamanya hanya komputer atau laptop serta tentunya skill gambar yang baik. Untuk mulanya, Anda bisa menawarkan kepada teman terdekat mengenai jasa yang dirintis tersebut. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas Anda bisa menggunakan situs freelance untuk menjual jasa Anda.

14. Bisnis Les Privat

Bisnis lainnya yang gak perlu modal yang besar dalam merintisnya adalah menjadi guru les privat. Sekarang ini banyak keluarga yang membutuhkan tenaga pengajar untuk mengajarkan anggota keluarganya akibat keterbatasan waktu. Maka dipilihlah guru les privat untuk mengajar.

Banyak lembaga pengajaran privat maupun komersial yang udah sukses di Tanah Air. Mungkin Anda adalah pebisnis sukses selanjutnya yang bergerak di bidang ini.

15. Bisnis Travel

Ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian terakhir adalah membuka travel guide kepada para pelancong. Udah jadi rahasia umum kalau Indonesia menyimpan keindahan alam yang diakui dunia.

Fakta tersebut menjadi modal utama kamu dalam membuka bisnis travel saat ini. Pemerintah secara khusus juga mendukung berbagai langkah pelaku usaha yang pengin mengembangkan bisnis pariwisata kedepannya.

16. Bisnis Pulsa dan Kuota

Bisnis lainnya yang gak perlu modal yang besar dalam merintisnya adalah membuka bisnis pulsa dan kuota. Pulsa pasti digunakan oleh setiap orang entah itu untuk komunikasi, browsing maupun yang butuh sosial media.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai mahasiswa atau pelajar Anda bisa menjualnya kepada teman-teman Anda. Nah Anda juga bisa membuka kios pulsa di rumah atau di pinggir jalan yang ramai dengan menggunakan gerobak.

17. Barber Shop

Membuka barber shop bisa Anda lakukan jika Anda memiliki keahlian untuk memotong rambut. Ini pekerjaan yang tidak perlu banyak modal namun keahlian Anda mencukur rambut lebih penting sebagai modal.

Peralatan dan perlengkapan dalam membuat usaha bisnis seperti saat ini juga sudah banyak diperjual belikan di toko online dengan harga relatif murah. Oleh karena itu, modal yang diperlukan untuk membuka bisnis barber shop berkisar di angka Rp2 jutaan sampai Rp8 jutaan aja.

Nah itulah 17 ide bisnis anak muda kreatif dan kekinian yang bisa kamu coba. Untuk mengumpulkan modal usahanya, bisa menerapkan metode pengelolaan keuangan 50/30/20, selamat mencoba!

Ini 17 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian Ini 17 Ide Bisnis Anak Muda Kreatif dan Kekinian Reviewed by Andi Leangle on 5:38:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.