Tips Mendirikan Bisnis Salon Rambut Menguntungkan

Tips Mendirikan Bisnis Salon Rambut Menguntungkan - Bisnis salon rambut bisa dikatakan menjadi peluang usaha yang tidak akan pernah mati, buktinya dari dulu sampai hari ini asih ada. Hal tersebut diakibatkan karena jenis usahanya gak termakan oleh zaman, waktu dan teknologi.

Disamping itu bertumbuhnya populasi di Indonesia maupun dunia membuat potensinya hari demi hari justru semakin meningkat dengan permintaan yang ada. Lagi pula siapa sih yang gak pernah ke salon rambut hari gini?

Hampir semua orang pasti pernah datang ke tempat ini untuk sekedar merapikan rambut atau bahkan merombak ulang jenis potongan yang diinginkan. Apalagi kalau wanita dimana rambut menjadi mahkota kecantikan, kayaknya tempat yang satu ini udah menjadi tujuan wajib setiap sebulan atau 2 bulan sekali untuk menunjang penampilan para wanita maupun pria metropolis.

Oleh karena itu gak ada salahnya buat Anda untuk mencoba peruntungan di bisnis yang satu ini.
Nah daripada berlama-lama lagi mending kita simak langsung aja nih 6 tips mendirikan bisnis salon kecantikan berikut ini:

1. Merencanakan bisnis salon rambut

Mengutip dari Career Addict, tips paling awal yang harus Anda lakukan sebelum menjalankan bisnis tersebut adalah merencanakan apa yang bakal dilakukan dalam jangka panjang.
Sebetulnya tips ini tidak hanya berlaku untuk kegiatan bisnis ini, tapi juga berlaku di hampir semua jenis usaha yang orang lain lakukan. Cara ini mempunyai tujuan agar saat di tengah jalan nanti kamu gak kalau menentukan arahnya mau kemana.

Untuk salon sendiri Anda harus menentukan target pasarnya seperti apa dan apakah mau fokus di perempuan atau pria.

2. Cari tahu regulasinya

Kedua Anda harus mengetahui segala macam regulasi dan hukum yang berlaku di wilayah tempat Anda membuka usaha. Regulasi penting agar nantinya kamu tidak mempunyai masalah dengan pihak terkait ketika operasional udah berjalan.


Karena jika udah jalan di tengah jalan bisa-bisa Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk mengurusnya. Coba cari tahu tentang regulasinya ke warga setempat atau instansi pemerintah supaya informasi yang didapatkan lebih lengkap.

3. Mencari nilai jual utama

Selanjutnya di bisnis salon rambut yang Anda dirikan wajib mempunyai keunikan tersendiri dari brand lainnya yang udah duluan beroperasi bisa dengan cara memberikan bonus untuk menarik minat customer. Bisa dari sisi harga, konsep sampai pelayanan yang diberikan kepada pelanggan setiap datang berkunjung.


Dengan begitu para costumer akan mendapatkan pengalaman yang baik dan mempunyai keinginan untuk kembali datang di lain hari. Poin ketiga ini bisa dikatakan menjadi salah satu yang vital dalam membangun usaha jasa seperti ini.

Maka dari itu Anda harus memikirkannya secara matang-matang ya!

4. Pilih lokasi yang tepat

Setelah menemukan nilai jual utama dalam bisnis salon rambut yang akan Anda jalankan, langkah selanjutnya yang harus dicari tahu adalah memilih lokasi yang tepat. Poin keempat ini gak kalah penting dari poin ketiga karena jika salah, pastinya bakal berpengaruh terhadap jumlah pelanggan yang datang.

Kalau bisa cari tempat yang aksesnya mudah dan banyak dilalui oleh masyarakat sekitar. Lebih bagus lagi kalau lokasinya berada di samping jalan raya utama.

Namun biasanya ada beberapa konsekuensi jika Anda mendapatkan lokasi yang strategis yaitu harga sewa atau belinya yang mahal.

5. Rekrut tenaga terampil yang handal

Empat tips sebelumnya bakal percuma kalau Anda gak memiliki tenaga terampil yang jago memangkas rambut. Efeknya tentu pelanggan bakal kecewa dan gak pengin lagi datang ke usaha yang Anda dirikan tersebut.

Tips yang satu ini emang agak gampang-gampang susah untuk dilakukan untuk Anda yang belum mempunyai pengalaman di industri ini. Anda bisa mencari teman atau ngobrol bareng pengusaha yang udah sukses menjalaninya terlebih dahulu.

6. Pikirkan kesejahteraan karyawan

Hal terakhir yang harus Anda pikirkan kalau bisnis salon rambut mau panjang umur adalah kesejahteraan karyawan. Sebab keterampilan yang dimiliki oleh karyawan Anda untuk memotong rambut bisa aja lepas kapan aja kalau merasa kurang bahagia.


Permasalahan ini bakal menjadi kendala yang parah ketika bisnis Anda kekurangan sumber daya manusia guna menjalankan operasional. Untuk mensejahterakan karyawan Anda bisa menaikkan gajinya secara berkala atau memberikan bonus jika keuntungan yang didapat berlebih di waktu tertentu.

Nah itulah 6 tips dalam membangun usaha salon rambut yang bisa Anda coba. Walaupun gak ada yang bisa menjamin sukses 100 persen, tetapi cara di atas bisa meminimalisir kerugian yang mungkin Anda alami. Semoga sukses!

Sumber : tips mendirikan bisnis salon
Tips Mendirikan Bisnis Salon Rambut Menguntungkan Tips Mendirikan Bisnis Salon Rambut Menguntungkan Reviewed by Andi Leangle on 2:04:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.