Buka Usaha Laundry Kiloan Cuma Butuh Modal 6 jutaan

Buka Usaha Laundry Kiloan Cuma Butuh Modal 6 jutaan - Peluang usaha laundry kiloan ternyata cukup menjanjikan, apalagi di kota-kota besar. Karena masyarakat kota lebih banyak disibukkan aktivitas pekerjaannya sehari-hari, jadi gak ada waktu mencuci baju sendiri.

Usaha laundry kiloan ini juga menjanjikan bila dibuka di kawasan kampus. Karena mahasiswa yang ngekos sebagian besar lebih mengandalkan jasa laundry daripada nyuci sendiri.

Karena itu, kita mau mengupas bagaimaan bisnis laundry kiloan ini bisa sangat menjanjikan, dan berapa estimasi modal yang harus dikeluarkan.

Keuntungan membuka usaha laundry kiloan

1. Banyak yang butuh

Membuka jasa laundry adalah pilihan bisnis yang tepat, karena Anda akan mendapatkan pangsa pasar yang luas. Namun, semua itu harus disesuaikan dengan lokasi tempat Anda membuka usaha ini.

Di perkotaan padat penduduk, jasa laundry sangat dibutuhkan. Ini disebabkan karakteristik masyarakatnya yang pekerja kantoran, bekerja dari pagi sampai malam, sampai-sampai tak ada waktu untuk mencuci pakaian sendiri.

Selain di perkotaan, bisa juga di daerah kampus atau kos-kosan. Mahasiswa-mahasiswa biasanya lebih senang menaruh pakaian kotornya ke laundry, karena lebih murah dan hemat waktu ketimbang mencuci sendiri.

2. Mudah dijalankan

Bisnis laundry bisa dijalankan dengan mudah, apabila Anda sudah menggunakan mesin cuci otomatis. Bahkan, Anda bisa mengerjakannya sendiri tanpa bantuan karyawan.

Bagaimana gak mudah, orang tinggal masukkan baju ke mesin, beri detergen, pencet tombol, dan biarkan mesin mencucinya. Tugasmu nantinya paling hanya menjemur dan menyetrikanya.

Kalau langganan sudah mulai banyak, baru pikirkan lebih lanjut lagi untuk merekrut karyawan.

3. Penghasilannya lumayan

Dari segi pendapatannya juga lumayan menggiurkan. Satu kilogram, di kota-kota besar seperti Jakarta harganya bisa Rp 7-10 ribu. Sementara satu mesin cuci rata-rata bisa minimal 6 kilogram.

Artinya sekali mesin itu nyala, ia bisa mendatangkan keuntungan ke kamu sekitar Rp 42 ribu. Bayangkan kalau pelangganmu banyak, untungnya juga makin besar dong!

4. Bisa dijalankan di rumah

Bisnis laundry ternyata bisa dijalankan di rumah, kalau rumahmu memungkinkan. Sembari mencuci pakaian orang, bisa sambil ngerjain pekerjaan lainnya.

Membuka usaha di rumah berarti mengurangi beban biaya produksimu untuk menyewa tempat.

Tapi, bila bujetmu berlebih, gak ada salahnya untuk menyewa tempat baru, dan mencari lokasi yang strategis.


Kelemahan usaha laundry kiloan 

1. Modalnya lumayan besar

Membuka usaha laundry kiloan membutuhkan modal yang lumayan, khususnya dalam membeli mesin cucinya. Harga mesin cuci rata-rata di atas Rp 1 jutaan sampai Rp 3 jutaan.

Dalam satu usaha, kan gak mungkin cuma menggunakan satu mesin saja, tapi butuh paling tidak dua sampai lima.

Belum lagi ditambah dengan biaya listrik, bayar karyawan, dan biaya sewa tempat.

2. Biaya perawatannya mahal

Kalau mesin cuci sampai rusak, Anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam, apalagi yang rusak bagian mesinnya. Harga membetulkannya bisa sampai jutaan rupiah.

3. Salah pilih lokasi, berpotensi sepi pelanggan

Memilih lokasi merupakan salah satu pertimbangan utama saat membuka usaha. Semua usaha, kalau salah menentukan lokasi, bakalan sepi pelanggan, termasuk usaha laundry.

Jangan harap usaha Anda akan ramai kalau lokasinya di kompleks perumahan elite. Rata-rata keluarga yang tinggal di kompleks elite sudah memiliki pembantu rumah tangga pribadi, sehingga urusan cuci mencuci sudah diserahkan ke PRT.

Cara memulai usaha laundry dari nol

1. Mempersiapkan modal

Modal adalah hal yang utama saat membuka usaha. Anda bisa mendapatkan modal dari tabungan pribadi, atau mengajukan pinjaman. Nanti, kita akan mencoba untuk menjabarkan berapa modal yang kira-kira dibutuhkan untuk membuka usaha laundry kiloan.

2. Menentukan lokasi usahanya

Setelah modal terkumpul, tentukan lokasi tempat usahanya. Bisa di rumah atau menyewa tempat. Intinya, pilih yang strategis, misalnya di daerah kos-kosan mahasiswa, atau kawasan padat penduduk di perkotaan.

Lokasi-lokasi yang tidak berpotensi mendatangkan keuntungan besar adalah di kawasan perkantoran dan di kawasan kompleks superelite.

Setelah mendapatkan tempat, renov sedikit lokasi tersebut, kalau perlu beri hiasan agar tampilannya menarik dan bisa mengundang banyak calon pelanggan.

3. Membeli peralatannya

Kemudian, membeli peralatan-peralatan yang dibutuhkan dalam menunjang usaha laundry, di antaranya, mesin cuci, timbangan, meja, lemari, gantungan baju, setrikaan, dan lain-lain.

4. Memperhatikan biaya operasionalnya

Biaya operasional juga perlu kamu perhitungkan matang-matang. Pengeluaran yang masuk di pos operasional adalah bayar listriknya, perbaikan mesin, membayar karyawan jika ada, membeli perlengkapan-perlengkapan seperti deterjen, pelembut, pewangi, dan pengeluaran tak terduga lainnya.

5. Mengetahui cara mencuci yang benar

Mengetahui cara mencuci yang benar penting untuk Anda ketahui sebelum membuka usaha. Karena ini berkaitan dengan kepuasan pelanggan nantinya.

Khawatirnya nanti, baju pelanggan kamu rusak karena prosedur pencucian yang tidak benar. Hal itu tentunya bakal mengurangi kepercayaan pelanggan dan bikin mereka ogah nyuci di tempat kamu.

6. Menentukan nama dan logo usaha

Menentukan nama sangat diperlukan untuk sebuah usaha. Karena dua komponen ini digunakan sebagai ciri khas dan pembeda dengan usaha laundry-laundry lainnya.

7. Mematok jasa pencucian

Jangan lupa juga untuk menghitung-hitung biaya jasa pencuciannya. Besaran biaya itu harus ditentukan berdasarkan riset harga pasaran dan biaya operasional yang Anda keluarkan.

Setelah semua pengeluaran dikalkulasikan, barulah bisa menentukan berapa harga laundry kiloan yang bakal kamu patok.

Rincian modal usaha laundry kiloan

Setelah mengetahui langkah apa yang harus dilakukan untuk memulai usaha laundry kiloan, tinggal menghitung-hitung berapa ya uang yang harus kamu keluarkan untuk modalnya. Berikut ini estimasinya untuk laundry skala kecil 2 mesin cuci,


RINCIAN MODAL USAHA LAUNDRY
HARGA
2 Harga Mesin Cuci
Rp 3.000.000
Alat Setrika
Rp 100.000
Tatakan Setrika
Rp 50.000
Meja Kursi Satu Set
Rp 300.000
Timbangan Pakaian
Rp 100.000
Rak Kayu
Rp 400.000
Hanger
Rp 50.000
Detergen dan Pewangi
Rp 50.000
Listrik
Rp 300.000/bln
Sewa tempat dan Renovasi
Rp 2.000.000
Total
Rp 6.350.000

Frenchise usaha laundry

Mempertimbangkan membeli waralaba laundry juga jadi alternatif lain apabila Anda malas mengurusnya dari nol. Namun, biasanya waralaba tersebut biaya kemitraannya lebih mahal ketimbang Anda membangunnya sendiri.

Kelebihannya frenchise, Anda gak perlu repot-repot lagi mempromosikan usaha laundry kiloan. Selain itu, alat-alat dan tenaga pekerjanya sudah disediakan oleh pemilik merek.

Contoh waralaba laundry yang sudah memiliki nama di Indonesia ada, LaundryKlin yang nilai kemitraannya mulai dari Rp 75 juta, atau Simply Fresh dengan paket kemitraan Rp 114 juta.

Tips sukses usaha laundry

Semua bidang bisnis, tentu memerlukan tips untuk bisa mencapai kesuksesannya, termasuk usaha laundry kiloan. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan dan perhatikan kalau mau usaha laudry laris manis,

1. Cari lokasi yang strategis, kalau bisa buka laundry terdekat dari pangsa pasar

Lokasi yang strategis untuk usaha laundry bisa di area kos-kosan karyawan dan juga area kos-kosan mahasiswa.

2. Utamakan kualitas

Demi menarik loyalitas pelanggan, utamakan kualitas cucian terjamin bersih dan wangi. Caranya, dengan mengetahui cara mencuci yang benar sampai menggunakan deterjen yang sesuai.

3. Selalu ramah terhadap pembeli

Mengutamakan kualitas bisa menarik pelanggan, sementara bersikap ramah, bisa menjaga loyalitas pelanggan. Selalu bersikap sopan, santun, dan mencoba akrab dengan siapapun pelangganmu.

4. Tetapkan harga yang sesuai

Tetapkan harga laundry kiloan sesuai dengan pangsa pasarmu. Misalnya Anda membuka di kawasan kos-kosan mahasiswa, patoklah harga jangan terlalu mahal.

Tapi kalau berada di area kos-kosan karyawan, Anda bisa menerapkan keuntungan yang tinggi, tapi masih masuk akal.

Rata-rata harga laundry di kawasan mahasiswa sekitar Rp 5-7 ribu per kilogram, dan Rp 10-15 ribu per kilogram untuk jasa laundry di kawasan kos-kosan pekerja.

Sekian penjelasan mengenai peluang usaha laundry kiloan. Semoga saja bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat kamu yang pengin buka laundry.

Buka Usaha Laundry Kiloan Cuma Butuh Modal 6 jutaan Buka Usaha Laundry Kiloan Cuma Butuh Modal 6 jutaan Reviewed by Andi Leangle on 11:18:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.