5 Alasan Kenapa Anda Harus Berjualan Online di Instagram

SeoBisnis.Com - Pengguna instagram di seluruh dunia telah mencapai 700 juta per April 2017, menurut pernyataan CEO instagram, Kevin Systrom seperti dilansir dari GSM Arena. Besarnya angka pengguna ini, memberi peluang bagi produsen dan penjual untuk memasarkan produknya di instagram. Dengan melihat faktor di atas, Anda akan seharusnya mengerti alasan kenapa Anda harus berjualan online di instagram. Apalagi dengan membaca 5 fakta berikut ini.


1. Kekuatan Komunikasi dengan Gambar
Postingan instagram yang didominasi oleh gambar, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengguna. Hal itu menjadi kekuatan tersendiri dari instagram dibandingkan dengan twitter dan facebook yang berbasis teks.



Berdasarkan sebuah penelitian, 90 % informasi yang diproses oleh otak manusia berupa gambar. Sehingga manusia lebih cepat mencerna informasi dari gambar, dibandingkan teks.
Dengan kekuatan gambar, anda tidak perlu menyusuun deskripsi yang rumit untuk menarik calon pembeli. Jika anda menjual lipstick, cukup tayangkan gambar lipstick dari berbagai sudut disertai caption singkat, untuk menjelaskan spesifikasinya.



2. Tempat Berkumpul Anak Muda yang Melek Teknologi
Mayoritas pengguna instagram adalah anak muda dengan rentang usia 18-29 tahun. Dalam rentang usia demikian, anak muda sedang senang-senangnya mengeksplorasi teknologi dan mencoba hal-hal baru.



Sehingga, platform ini sangat cocok untuk anda yang mempunyai produk unik, berteknologi tinggi, dan baru di pasaran dengan target anak muda.



3. Interaksi Antarpengguna yang Tinggi
Tampilan visual yang sederhana, sering kali menarik hati pengguna instagram untuk membagikan atau memposting ulang. Apalagi jika disertai kata-kata yang unik. Itulah mengapa gambar di instagram mudah menjadi viral.



Pengguna spontan menautkan nama pengguna lain, jika ada postingan gambar yang relevan dengan mereka. Misalnya anda memiliki teman seorang penggemar kucing, ketika melihat gambar kucing yang lucu, pasti langsung teringat kepadanya, dan menyebut namanya pada kolom komentar di sana.



4. Promosi Sukarela dari Pengguna
Kebiasaan membagi hal-hal yang disukai di instagram ternyata membawa dampak baik bagi penjual produk. Pengguna akan dengan sukarela menyiarkan testimony tentang produk anda, terutama barang yang bisa dipamerkan seperti tas dan pakaian.



Jika ada produk yang unik atau baru, pengguna tak segan mengungkapkan kekagumannya, bahkan memposting aksi unboxing, ketika mendapatkan produk baru. Kebiasaan ini secara tidak langsung menjadi promosi gratis bagi produk anda.



5. Mempercantik Tampilan Produk Anda


 
Instagram memiliki kemampuan menjadikan produk anda terlihat menarik, dengan berbagai filter yang disediakan. Jika anda menjual produk barang-barng antik, anda bisa menggunakan filter vintage untk memberi efek antik dengan pencahayaan yang telah diatur sedemikian rupa. 



6. Hubungan yang Dekat dengan Pelanggan


 
Konsumen modern merasakan adanya hubungan personal dengan produk yang mereka percayai. Di instagram, anda dapat berinteraksi dengan pelanggan dengan meminta pendapat, dan menerima pertanyaan terkait produk anda, lewat live chat. Cara ini efektif untuk mengikat hubungan yang erat dengan pelanggan.



7. Berjualan Sambil Bersenang-senang
Bagi anda yang memang hobi melayari instagram untuk menyimak informasi penting, gosip selebritas, memanjakan mata dengan produk-produk memikat, atau sekadar melihat kabar terbaru rekan dunia maya, tidak ada salahnya anda mengalihkan hobi ini ke arah yang lebih produktif.



Dengan menjual produk, selain bersenang-senang dengan gambar-gambar menarik di sana, anda bisa bekerja selama yang anda suka. Akan tetapi, jangan sampai porsi bersenang-senang justru lebih banyak daripada berjualan. Nah, sederet alasan kenapa Anda harus berjualan online di instagram ini semoga menjadi inspirasi untuk memulai bisnis Anda.



5 Alasan Kenapa Anda Harus Berjualan Online di Instagram 5 Alasan Kenapa Anda Harus Berjualan Online di Instagram Reviewed by Unknown on 6:51:00 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.