6 Tips Sukses Berjualan Di Marketplace

SeoBisnis.Com - Berbeda dengan bisnis online shop (toko online) maupun berjualan di Facebook dan medsos, berjualan di marketplace  terbilang mudah dan praktis. Selain serba gratis, toko online kita di marketplace  tak telalu membutuhkan optimasi agar tampil dan dicari pembeli. Karena sudah ikut terdongkrak oleh nama besar dan “peralatan optimasi” milik marketplace . Karea masketplace itu ibarat mall online atau pasar online, maka pahami 5 tips sukses berjualan di marketplace  berikut ini.

Marketplace  sendiri saat ini sudah kian menjamur di Indonesia. Yang paling senior misalnya Lazada, Tokopedia dan Bukalapak. Untuk barang bekas misalnya di OLX. Yang baru-baru misalnya Shopee dan Elevania. Di Tokopedia dan Bukalapak penjual bisa berdagang gratis tanpa harus bayar apapun. Kecuali jika mereka menggunakan fitur khusus yang ditawarkan. Oke, berikut ini rinciannya tips agar sukses berdagang di pasar online.

1. Tanggapi Pesanan Dengan Cepat

Ini adalah poin terpenting bagi pelaku bisnis di marketplace . Jika Anda tidak selalu berada di depan layar monitor, maka sebaiknya memiliki smartphone dan mengunduh aplikasi marketplace tempat Anda berdagang. Hidupkan fitur notifikasinya sehingga setiap ada pembeli bisa langsung Anda respon.

Sebagian marketplace  juga menyediakan fitur notifikasi lewat SMS. Nah manfaatkan fitur ini agar Anda bisa segera melayani pembeli. Soalnya sebagai pembeli yang dihadapkan banyak pilihan di marketplace, mana yang bisa segera menangggapi chat biasanya itulah yang dipilih. 

2. Segera Pak dan Kirim Barang Begitu Pembeli Membayar

Beberapa marketplace menyediakan fitur rekening bersama, dan akan memberitahu Anda sebagai pedagang ketika pembeli telah memnbayar. Sekarang tugas Anda adalah segera mengirim barang. Jangan sampai melewati batas yang ditentukan karena otu berarti menolak pesanan. 
Kalau di marketplace  yang tidak menyediakan rekening bersama, misalnya kaskus dan OLX, tanggung jawab Anda lebih besar. Soalnya sebagai pembeli biasanya akan cepat khawatir tertipu, sehingga mereka tidak sabaran.

3. Cepat Merespon Tanya-Tanya Calon Pembeli

Tips sukses selanjutnya adalah cepat tanggap terhadap pertanyaan costumer. Kadang para pembeli masih ingin bertanya beberapa hal yang tidak dijelaskan dalam deskripsi. Nah, Anda harus melayani mereka dengan ramah. Seperti poin pertama, kalau marketplace  Anda menyediakan fitur notifikasi, manfaatkan fitur tersebut.
Solusi lainnya, dalam deskripsi berikan penjelasan atas jawaban umum yang tak perlu lagi ditanyakan. Ini akan cukup membantu para calon pembeli.

4. Bersikap Ramah

Ramah dalam dunia chatting bisa ditunjukkan dengan bahasa yang sopan, penggunaan tanda baca yang tepat dan emoticon. Jangan berat untuk mengucapkan terimakasih pada orang yang menghubungi meskipun akhirnya tidak jadi beli. 

Hati-hatilah dalam menggunakan tanda baca seperti tanda tanya (?) dan tanda seru (!). Jangan menggunakan lebih dari satu. Karena penggunaan tanda tanya dan tanda seru lebih dari satu buah dalam bahas verbal diterjemahkan seperti membentak. Misalnya Anda menulis “Gimana gan??? Jadi beli nggak!!!” Wah, kasar banget.

5. Amanah, Berikan Barang Sesuai Deskripsi

Ini adalah hal wajib bagi setiap pedagang yang ingin sukses. Berikan barang sesuai dengan deskripsi yang Anda berikan. Baik dari jenis, warna hingga kualitas. Jangan mengganti warna barang tanpa seizin pembeli kecuali telah Anda jelaskan sebelumnya bahwa warna tergantung stok barang. 
Oke, itulah 5 tips sukses berjualan di marketplace  alias pasar online. Jangan lupa berikan service maksimal kepada pembeli dengan pengepakan yang rapi dan baik.

6. Buat Fanspage Tentang Ecommerce Pilihan Anda

Untuk menjaring pembeli Anda bisa membuat halaman (fanspage) facebook agar mendapat pembeli lebih banyak alhasil transaksi menjadi lebih banyak dan keuntungan menjadi milik Anda meskipun Anda hanya menjadi affiliasi dari ecommerce.Selamat berbisnis.

6 Tips Sukses Berjualan Di Marketplace 6 Tips Sukses Berjualan Di Marketplace Reviewed by Unknown on 8:37:00 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.