Cara Menghadapi Dalam Persaingan Bisnis

Cara Menghadapi Dalam Persaingan Bisnis - Sekarang ini persaingan dalam dunia bisnis semakin ketat.Semakin sukses bisnis anda maka ada saja orang yang pasti meniru produk atau cara anda dalam berbisnis karena sudah sifat alamiah manusia yang juga ingin sukses.

Namun apa saja yang bisa anda lakukan dalam menghadapi persaingan bisnis ini?Apakah berarti produk anda terancam tidak laku.Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan dalam menghadapi hal ini yang dapat kita ikuti di bawah ini.

1. Fokuskan Niat 

Dalam berbisnis fokuskan niat pada diri anda ingin menyelesaikan solusi bagi orang lain dan tertanam dalam diri anda otomatis untuk menghidupi keluarga anda.Sehingga anda akan selalu bersemangat tanpa terlalu mencemaskan pesaing anda agar dapat selalu berkreasi dan berinovasi.Jika tujuan anda sudah benar dan semangat sekuat baja halangan atau pesaing tidak akan dianggap batu besar ditengah jalan yang menghalangi untuk maju.

2. Pelajari dan Pahami

Bila anda punya pesaing yang lebih bagus tidak ada salahnya anda belajar darinya karena tidak setiap dalam persaingan bisnis akan menjadi musuh anda.Kadang-kadang ada dari saingan bisnis anda yang mau mengajari anda namun tergantung dari sikap kita dan kemauan dari masing-masing individu maupun saingan bisnis kita.Karena mungkin saingan bisnis anda punya hati bisa saja ingin sukses bersama anda misalnya sebagai blogger banyak dari mereka sudah mahir mau mengajari pemula seperti saya.Ataupun bisnis lain seperti berjualan baju jika ditempatnya habis bisa saja saingan anda merekomendasikan ke tempat anda karena masih banyak stock di tempat anda.

Kenalilah apa yang menjadi kiat untuk maju tidak ada salahnya juga anda dekati untuk belajar.Dalam berbisnis kita harus rendah hati untuk mencari ilmu.Setelah anda tahu apa yang menjadi trik untuk sukses bagi pesaing anda bisa memilih cara tersendiri sebagai ciri khas untuk maju atau karakter sendiri untuk produk anda.

3. Buat Ciri Khas

Ciri khas ini penting dala berbisnis atau branding istilah kerennya.Sederhananya jika orang mengenal produk anda mereka akan menyebut satu kata untuk menggambarkan brand anda.bentuk-bentuk ciri khas ini cukup beragam.Diantaranya anda bisa memberikan pelayanan , bentuk produk, rasa, kenyamanan tempat dan promosi yang diberikan.

 Misalnya seperti blibli.com yang memeberikan ongkos kirim gratis kepada customernya untuk menarik minat pembeli.Seperti pada bisnis makanan bisa anda beri dayatarik buat pengunjung dengan membuat saung makan yang memiliki kesan tradisional hingga membuat orang senang berkunjung.Misalnya anda juga bisa memberikan souvenir pada pelanggan yang berbelanja diatas harga rp 100.000.Teknik inilah yang digunakan oleh mini market salah satu perusahaan retail (minimarket).Dengan cara ini perusahaan tersebut menjadi minimarket yang eksis di tengah banyaknya minimarket baru yang muncul.

4. Inovasi Tiada Henti

Begitu produk kamu telah ditiru orang lain maka sikap positif yang perlu anda lakukan yaitu membuat inovasi produk.Jika kamu memproduksi donat dalam satu model saja donat yang ditabur coklat untuk inovasi anda bisa memproduksi donat dengan beraneka rasa (rasa stroberi, kacang, meses warna-warni,menambahkan coklat di dalam donat dan sebagainya).Semakin banyak pesaing semakin membuat kamu kreatif, cerdas dan tak pernah kehilangan ide.

5. Bekerja Sama, Why not?

Bekerja sama akan membuat potensi-potensi individu bersatu dan melebur menjadi lebih kuat.Tidak ada salahnya mencoba bekerjasama dengan para pesaing.bentuk konkritnya seperti membuat standarisasi harga bersama, memberikan informasi barang yang tidak dimiliki oleh pesaing kita atau dengan bersedia menitipkan dagangan rekan ditempatnya dengan prinsip sama-sama untung.

Kalau kita perhatikan para pedagang di pasar mereka disana saling membantu dan bekerjasama.Contoh sederhana, jika ada beberapa pedagang sandal atau sepatu mereka akan saling bantu jika ada pedagang lainnya yang tidak mempunyai stok sepatu yang diinginkan pelanggan.

6. Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Walaupun anda sudah dapat menjual barang anda dengan pembeli tidak ada salahnya anda menyimpan nomor handponenya untuk sekedar mengucapkan terima kasih telah berbelanja di tempat kami sebagai itikad baik dari seorang penjual.Seperti sales mobil mungkin saja dia sudah membeli anda karena sikap anda yang ramah, baik dan memberikan harga yang sesuai pasar namun dengan sikap baik anda bisa saja pembeli itu memiliki teman atau keluarga yang ingin membeli mobil baru lagi dan merekomendasikan anda untuk sebuah deal lagi. 

Demikianlah cara menghadapi dalam persaingan bisnis yang insya Allah membawa anda kesuksesan. 

Cara Menghadapi Dalam Persaingan Bisnis Cara Menghadapi Dalam Persaingan Bisnis Reviewed by Unknown on 4:12:00 AM Rating: 5

1 comment:

  1. It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.